Selamat Datang di Web Resmi SD LOWO Lumajang

Pelaksanaan Outdoor Learning Kelas V SDN Ditotrunan 01 Lumajang

Upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah lepas dari perhatian kita semua, oleh karena itu perlu adanya strategi yang tepat untuk melaksakannya. Salah satu program yang akan dilaksanakan berkenaan dalam hal ini yaitu Outdoor Learning atau yang biasa kita sebut Outbond. Secara umum manfaat dari program Outdoor Learning bagi peserta didik adalah untuk membentuk potensi diri dan kebersamaan setiap individu dalam melakukan suatu kegiatan yang bersifat positif. Sehingga kami sadar bahwa kegiatan Outdoor Learning , juga perlu dilaksanakan untuk meningkatkan potensi akademik maupun non akademik peserta didik.

Pelaksanaan kegiatan Outdoor Learning dimaksudkan agar peserta didik mampu menerapkan apa yang telah diperoleh dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas ke dalam lingkungan. Selain itu, dengan kegiatan ini peserta didik diharapkan mampu memahami materi pembelajaran melalui pendekatan berbasis lingkungan.
Kegiatan Outdoor Learning ini merupakan kegiatan pembelajaran di luar ruangan yang diselenggarakan dengan berbagai agenda kegiatan dengan tema “LINGKUNGAN INDONESIA KAYA SUMBER DAYA ALAM DAN BUDAYA” Sasaran kegiatan ini yaitu para peserta didik khususnya siswa-siswi kelas V SDN Ditotrunan 01 Lumajang. Adapun target dari kegiatan ini yaitu diharapkan agar setelah kegiatan ini berlangsung para peserta didik dapat terus mengembangkan kreatifitasnya dan menyerap lebih dalam lagi tentang ilmu pengetahuan yang telah di dapatkannya dengan terus mencintai alam sebagai tempat dan teman belajar, apalagi pembelajaran kurikulum 2013 menitikberatkan pada lima langkah pendekatan scientific yang terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan data, menalar dan mengkomunikasikan, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan siswa mengalami secara langsung apa yang sudah didapatkan dalam pembelajaran di kelas.
Kegiatan ini dilaksanakan hari Selasa tanggal 26 April 2016, dan yang dijadikan obyek pelaksanaan outdoor learning tahun ini adalah di Taman Safari Indonesia 2 Prigen. Mengapa tempat ini dijadikan tempat tujuan, dikarenakan sangat tepat dengan pembelajaran pada kurikulum 2013 khususnya kelas V mulai dari tema 1 sampai dengan tema 9. Sebelum pelaksanaan kegiatan ini lembaga sekolah bersama paguyuban kelas V telah mengadakan pertemuan beberapa kali dan menyiapkan dengan sebaik mungkin agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar, sehari sebelum pelaksanaan, panitia mengirimkan edaran ke seluruh wali murid yang merangkum semua kegiatan mulai dari pemberangkatan, rute, jenis tugas dalam setiap kelompok, dan akhir kegiatan peserta, sehingga wali murid tidak merasa was-was dalam melepas putra-putrinya.
Untuk keamanan dan kenyamanan peserta, baik kendaraan maupun kelompok diatur sedemikian rupa yang tidak membedakan peserta, sedangkan untuk pendamping sejumlah 9 guru pendamping yang meliputi guru kelas 3 orang,guru PAI 1 orang, guru PJOK 1 orang, guru Bhs Inggris 1 0rang, guru TIK 1 orang, penjaga sekolah 1 orang dan security sekolah 1 orang. untuk peserta out bond yang terdiri dari 3 rombel VA, VB, VC, berjumlah 117 siswa, sebenarnya jumlah seluruh kls V ada 119 siswa, disayangkan 2 siswa yang sedang sakit.
Peserta Outdoor Learning berkumpul dan memulai persiapan pemberangkatan di halaman SDN Ditotrunan 01 Lumajang pada hari Selasa tanggal 26 April 2016 pukul 05.00 WIB, peserta berbaris sesuai kelas masing-masing dengan kostum kaos olah raga, sebelum peserta diberangkatkan diawali serangkaian acara yaitu : 1. Pembukaan sekaligus laporan panitia OL tahun 2015 /2016 oleh bapak Jupri, S.Pd. M.Pd 2. Sambutan yang berisikan pesan –pesan dari kepala sekolah Ibu Hj. Susilowati, S.Pd 3. Doa yang dipimpin ustad Sholeh, S.PdI, 4. pengecekan terakhir peserta oleh wali kelas masing-masing, dilanjutkan memasuki bus masing masing yang berjumlah 3 bus yang sudah siap dengan guru pendamping.
Peserta berangkat menuju ke tempat tujuan tepat pukul 05.30 WIB dan tiba di lokasi pukul 09.00 WIB. Persiapan masuk di kawasan Taman Safari 2 Indonesia pukul 09.30 dan siswa siap mengikuti pembelajaran sesuai kelompok masing-masing dan guru pendamping ditambah 1 instuktur dalam bus keliling Taman Safari yang luasnya 350 Ha, kegiatan pembelajaran ini sampai 13.00, setelah itu dilanjutkan makan bersama kemudian sholat berjamah di Masjid Al-Ikhlas kawasan Taman Safari Prigen. Kemudian dilanjutkan pertunjukkan mamalia laut, di season ini peserta sangat terhibur, untuk melatih keberanian siswa acara dilanjut ke rumah hantu, di season ini banyak anak-anak yang menjerit-jerit karena ketakutan bahkan sampai ada yang menangis tidak bisa berhenti dan lari ketakutan waktu keluar sampai jatuh dan kakinya kram, ada juga yang sangat pemberani sampai memukul-pukul hantunya pakai botol aqua sampai hantunya bilang aduh sakit dik, e.......ternyata yang jadi hantu itu petugas taman safari orang yang masih hidup.
Setelah dikira cukup dilanjut ke area baby zoo, kemudian dilanjut ke area pertunjukkan harimau benggala dari India, dilanjut ke area aquatikland kemudian kembali ke tempat parkir,perjalanan di lanjut ke pusat oleh-oleh khas Pasuruhan, lumayan dech yang punya pusat oleh-oleh dapat rezeki nomplok hampir sejumlah peserta memborong barang dagangannya, kendaraan diarahkan ke rumah makan Tongas Asri Probolinggo untuk makan malam dan sholat berjamaah. Perjalanan masih dilanjut ke pusat perbelanjaan Giant Probolinggo punya sayang beribu sayang untuk kendaraan bus tidak boleh masuk, lumayan dech tidak jadi beli oleh-oleh disini jadi uang saku masih sisa dech bisa dikembalikan ke ortu masing-masing. Perjalanan dilanjut lagi ke arah lumajang, tepat pukul 09.45 Alhamdulillah sampai dihalaman SDN Ditotrunan 01 Lumajang. Selamat dan sukses dalam perjalanan , SLUMAN, SLUMUN N SLAMET, sebelum pulang ke rumah masing-masing oleh pendamping dingatkan jangan lupa ditunggu laporannya setiap kelompok dalam bentuk laporan tertulis yang dijilid rapi sesuai kelompoknya masing-masing. Sampai ketemu dengan OUTDOOR LEARNING tahun depan tetap semangat, ALHAMDULILLAH, LUAR BIASA, ALLOHUAKBAR, YES SUKSES. ( Ketua Panitia OL. JUPRI,S.Pd.M.Pd)
Share this post :

Posting Komentar

YANG SUDAH hadir

Arsip Blog

 
Support : Copyright © 2015. SDN DITOTRUNAN 01 - All Rights Reserved
Nara Hubung by 0877 7447 1651
Proudly powered by Blogger