Belajar dan bermain adalah kegiatan yang tidak bisa
dipisahkan bagi siswa kelas 1 dan 2. Pembelajaran yang disajikan dalam bentuk
bermain membuat siswa tertarik untuk terus belajar. Dengan model pembelaran
demikian siswa akan terus termotivasi untuk membangun pengetetahuannya.
Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang mengembangkan tahapan belajar matematika anak SD berdasarkan fase perkembangan intelektual anak SD menurut Jean Piagget. Pada teori Bruner, terdapat tiga tahapan belajar, yaitu tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik. Tahap enaktif adalah tahap yang dilakukan anak untuk menggunakan atau memanipulasi objek-objek secara langsung. Tahap ikonik adalah memanipulasi dengan memakai gambaran dari objek-objek. Tahapsimbolik adalah tahap yang mengajak anak untuk memanipulasi simbol-simbol secara langsung dan tidak lagi ada kaitannya dengan objek-objek.
pembelajaran enaktif bangun ruang |
Begitu juga pembelajaran kelas 1B
yang dilakukan oleh Ibu Sri bersama siswa-siwinya. Beliau menggunakan
pembelajaran enaktif yang dipadukan dengan teambuilding. Siswa nampak menikmati
kegitan belajar hari ini.
Dari hasil penilaian, menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar mengenal bangun ruang.
[ms]
Posting Komentar