Selamat Datang di Web Resmi SD LOWO Lumajang

Pengamatan PPL 2 Pekan pertama di SDN DITOTRUNAN 01

 


Diawali hari senin tanggal 13 Maret 2023 saya memulai kegiatan penyerahan mahasiswa oleh Dosen Pembina Lapangan yaitu Bapak Mohamad Yasin, M.Kom, M.Kom dosen saya dari Universitas Negeri Malang melalui google meets. Dalam sambutannya, bapak Yasin biasa kami menyapa beliau mengutarakan bahwa mahasiswa PPG Prajabatan harus berkolaborasi dengan kegiatan sekolah sehingga mahasiswa diharapkan mendapat ilmu yang bermakna saat melaksanakan tugas PPL 2 Universitas Negeri Malang. Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan kepala sekolah dan juga beberapa guru pamong serta mahasiswa membuat semangat untuk melaksanakan kegiatan PPL 2 hingga selesai.

 

Pada hari pertama dan kedua saya melakukan observasi di kelas 3 C wali kelas Bernama Bapak Nuril Zam-zam Firdaus, S.Pd. Saya mengamati karaktersistik peserta didik di kelas tersebut ternyata suasana kelas yang cerah mendukung pembelajaran dan interaksi yang optimal antara guru kelas dan peserta didik. Peserta didik berperan aktif selama pembelajaran berlangsung dengan memperhatikan guru yang menjelaskan di depan kelas.



Tak terasa pada hari rabu tanggal 15 maret 2023 saya melihat jadwal observasi yang telah disusun bersama guru pamong yaitu Bapak M. Subakri, S.Pd. Saya memasuki kelas IV B saat setelah kegiatan Gerakan Sekolah Mengaji (GSM) yakni pukul 08.00 WIB – 09.00 WIB. Saya memperkenalkan diri setelah itu saya mengamati kondisi peserta didik dan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kelas yaitu Bu Nurita Martasari, S.Pd. Pada saat pembelajaran guru sudah menekankan nilai-nilai profil pelajar Pancasila kepada peserta didik dan profil pelajar Pancasila dihidupkan di dalam kelas teserbut karena kelas IV di sekolah SD Ditotrunan 01 menggunakan kurikulum merdeka sehingga peserta didik sangat antusiasme saat pelaksanaan pembelajaran dengan aktif tanya jawab bersama guru.



Selanjutnya saya menuju kelas IV B yang dipegang guru kelas oleh bapak guru yang selalu semangat yaitu bapak Ridho Nurdiansyah, S.Pd. Seperti biasa saya memperkenalkan diri, saat saya masuk kelas tersebut terdapati peserta didik melaksanakan unjuk diri dengan menyanyikan lagu rayuan pulau kelapa yang dinyanyikan secara berkelompok, serta sebanyak 10 siswa mengerjakan Latihan soal matematika untuk persiapan lomba KOMAS di SDI Lumajang pada hari sabtu minggu ini. Bapak Ridho memberikan motivasi kepada peserta didik untuk bisa menjuarai olimpiade yang akan dijalani peserta didik.



Pada hari kamis 16 maret 2023 pukul 08.00 WIB saya bergegas ke kelas III A untuk melakukan observasi peserta didik dan pelaksanaan pembelajaran di kelas tersebut. Wali kelas Bu Ervin Christiana, S.Pd pada saat pembelajaran melaksanakan remidial mata pelajaran matematika bagi peserta didik yang belum mendapatkan nilai yang maksimal. Diawal pembelajaran guru telah mengecek lembar jawaban setiap siswa dan materi soal remidial yang akan diberikan sudah dipersiapkan. Guru mendampingi setiap peserta didik agar mencapai tujuan yakni bisa memperbaiki nilai. Peserta didik telah difasilitasi dengan baik sehingga peserta didik tidak merasa bingung dengan materi soal remidial yang dikerjakan oleh peserta didik.



Tepat pukul 09.25 WIB saya menuju ke kelas 3B yang wali kelasnya bernama Bu Rizqa Dwi Sukmawati, S.Pd. Pada saat saya melaksanakan kegiatan observasi saya mendapati kegiatan penilaian harian Bahasa jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal yang dipelajari peserta didik di kelas tersebut. Guru telah memotivasi serta mendampingi peserta didik secara komunikatif agar mendapatkan tujuan pelaksanaan pembelajaran. Dekorasi kelas yang terdapat di kelas 3B bisa menjadi ruang ekspresi siswa sehingga guru membangun atmosfer yang mendukung pembelajaran sehingga peserta didik bisa mengembangkan kemampuan secara maksimal.

Kesimpulan selama satu pekan saya mengamati pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru hebat ini sudah berjalan dengan efektif. Semua kegiatan yang diberikan bermakna untuk peserta didik. Semua peserta didik juga berperan aktif selama pembelajaran berlangsung. Guru sudah membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dan memfasilitasi peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Lingkungan kelas yang terdapat poster serta beberapa kata-kata motivasi membuat peserta didik merasa nyaman saat berada di kelas termasuk saya.

 penulis : Ghafiruna Al Aziz (guru PPL II PPG)

 

Share this post :

Posting Komentar

YANG SUDAH hadir

Arsip Blog

 
Support : Copyright © 2015. SDN DITOTRUNAN 01 - All Rights Reserved
Nara Hubung by 0877 7447 1651
Proudly powered by Blogger