Selamat Datang di Web Resmi SD LOWO Lumajang

JELAJAH NEGERI BANGUN ANTI KORUPSI

SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG
 (SD LOWO)
DUKUNG SUKSESI
JELAJAH NEGERI BANGUN ANTI KORUPSI

Hari ini Selasa, tanggal 3 September 2019, kelas 1.2.& 3
dapat Undangan *Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi*
dan Kami berkumpul pada pagi hari pkl 08.00
di  Dinas Arsip & Perpustakaan. ( barat Pendopo) Sekolah Dasar yang di undang adalah :
1. SDN Ditotrunan 01 dengan 32 siswa dan 2 guru pendamping.
2. SDN Citro 01 dengan 31 siswa dan 2 guru pendamping.
3. SDN Jogoyudan 01 dengan 31 siswa dan 2 guru pendamping.
4. SDN Rogotrunan 01dengan 31 siswa dan 2 guru pendamping.
Senang rasanya melihat siswa kami gemar membaca. Ada yang membaca cerita rakyat, fabel dan ada juga yang membaca buku bergambar.
Dari beberapa pengamatan yang kami lakukan terhadap 145 anak, rerata mereka suka membaca buku bergambar. Alasan mereka sangat logis, karena buku bergambar lebih menarik. Apalagi di tambah dengan kombinasi warna, menambah lengkaplah daya tarik buku tersebut.

Pada pukul 10.30 kegiatan dilanjutkan menuju pendopo Arya Wiraraja guna mengikuti Road show Bus KPK JELAJAH NEGERI BANGUN ANTI KORUPSI yang dihadiri oleh ketua KPK bapak Agus Raharjo yang disambut oleh Bapak Bupati Thoriqul Haq beserta Wakil Bupati Ibu Indah Amperawati dan pejabat-pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang.
Kemudian acara dilanjutkan untuk anak-anak kelas 1,2 dan 3 sekolah dasar dan madrasah Ibtidaiyah guna sosialisasi anti korupsi kepada anak-anak. Sehingga anak-anak berani Jujur dan hebat dalam menggiatkan anti korupsi.

Anak-anak di pandu oleh guru-guru cantik energik Yaitu bu guru Tiva dan bu guru Khusnul Khotimah. Kemudian anak-anak di hibur dengan cerita dongeng yang berjudul "Tidak Mengerjakan PR" yang disajikan oleh bu Sindi. Dongeng yang sangat menarik, apalagi ada kuisnya. Anak-anak senang sekali. Kemudian materi dilanjutkan dengan "9 Nilai Anti Korupsi".
9 Nilai Anti korupsi
1. Jujur
Kejujuran merupakan nilai dasar yang menjadi landasan utama bagi penegakan integritas diri seseorang. Tanpa adanya kejujuran mustahil seseorang bisa menjadi pribadi yang berintegritas. Seseorang dituntut untuk bisa berkata jujur dan transparan serta tidak berdusta baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Kejujuran juga akan terbawa dalam bekerja sehingga dapat membentengi diri terhadap godaan untuk berbuat curang.
2. Peduli
Kepedulian sosial kepada sesama menjadikan seseorang memiliki sifat kasih sayang. Individu yang memiliki jiwa sosial tinggi akan memperhatikan lingkungan sekelilingnya di mana masih terdapat banyak orang yang tidak mampu, menderita, dan membutuhkan uluran tangan. Pribadi dengan jiwa sosial tidak akan tergoda untuk memperkaya diri sendiri dengan cara yang tidak benar tetapi ia malah berupaya untuk menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu sesama.
3. Mandiri
Kemandirian membentuk karakter yang kuat pada diri seseorang menjadi tidak bergantung terlalu banyak pada orang lain. Mentalitas kemandirian yang dimiliki seseorang memungkinkannya untuk mengoptimalkan daya pikirnya guna bekerja secara efektif. Jejaring sosial yang dimiliki pribadi yang mandiri dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaannya tetapi tidak untuk mengalihkan tugasnya. Pribadi yang mandiri tidak akan menjalin hubungan dengan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab demi mencapai keuntungan sesaat.

4. Disiplin
Disiplin adalah kunci keberhasilan semua orang. Ketekunan dan konsistensi untuk terus mengembangkan potensi diri membuat seseorang akan selalu mampu memberdayakan dirinya dalam menjalani tugasnya. Kepatuhan pada prinsip kebaikan dan kebenaran menjadi pegangan utama dalam bekerja. Seseorang yang mempunyai pegangan kuat terhadap nilai kedisiplinan tidak akan terjerumus dalam kemalasan yang mendambakan kekayaan dengan cara yang mudah.

5. Tanggung jawab
Pribadi yang utuh dan mengenal diri dengan baik akan menyadari bahwa keberadaan dirinya di muka bumi adalah untuk melakukan perbuatan baik demi kemaslahatan sesama manusia. Segala tindak tanduk dan kegiatan yang dilakukannya akan dipertanggungjawabkan sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, negara, dan bangsanya. Dengan kesadaran seperti ini maka seseorang tidak akan tergelincir dalam perbuatan tercela dan nista.

6. Kerja Keras
Perbedaan nyata akan jelas terlihat antara seseorang yang mempunyai etos kerja dengan yang tidak memilikinya. Individu beretos kerja akan selalu berupaya meningkatkan kualitas hasil kerjanya demi terwujudnya kemanfaatan publik yang sebesar-besarnya. Ia mencurahkan daya pikir dan kemampuannya untuk melaksanakan tugas dan berkarya dengan sebaik-baiknya. Ia tidak akan mau memperoleh sesuatu tanpa mengeluarkan keringat.

7. Sederhana
Pribadi yang berintegritas tinggi adalah seseorang yang menyadari kebutuhannya dan berupaya memenuhi kebutuhannya dengan semestinya tanpa berlebih-lebihan. Ia tidak tergoda untuk hidup dalam gelimang kemewahan. Kekayaan utama yang menjadi modal kehidupannya adalah ilmu pengetahuan. Ia sadar bahwa mengejar harta tidak akan pernah ada habisnya karena hawa nafsu keserakahan akan selalu memacu untuk mencari harta sebanyak-banyaknya.

8. Berani
Seseorang yang memiliki karakter kuat akan memiliki keberanian untuk menyatakan kebenaran dan menolak kebathilan. Ia tidak akan mentolerir adanya penyimpangan dan berani menyatakan penyangkalan secara tegas. Ia juga berani berdiri sendirian dalam kebenaran walaupun semua kolega dan teman-teman sejawatnya melakukan perbuatan yang menyimpang dari hal yang semestinya. Ia tidak takut dimusuhi dan tidak memiliki teman kalau ternyata mereka mengajak kepada hal-hal yang menyimpang.

9. Adil
Pribadi dengan karakter yang baik akan menyadari bahwa apa yang dia terima sesuai dengan jerih payahnya. Ia tidak akan menuntut untuk mendapatkan lebih dari apa yang ia sudah upayakan. Bila ia seorang pimpinan maka ia akan memberi kompensasi yang adil kepada bawahannya sesuai dengan kinerjanya. Ia juga ingin mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi masyarakat dan bangsanya.

Dengan berprinsip anak Indonesia anti korupsi " Berani, Jujur, dan hebat".
Acara selesai sekitar pukul 12.00. Wib. #nasehatguru.chamkaswad


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2015. SDN DITOTRUNAN 01 - All Rights Reserved
Modified by Kang
Proudly powered by Blogger